Proses menetapkan hukum berdasar AlQuran dan Sunnah melewati berbagai diskusi dan mendengarkan banyak argumentasi |
Dalam membaca kitab suci al qur'an ataupun memegangny a apakah wanita harus dalam keadaan suci (tidak sedang haid-menst ruasi?) dan mestikah harus berkeadaan belum batal dari wudhu kita?
Berikut pembahasannya:
*Piss-KTB
Berikut pembahasannya:
MEMEGANG ALQURAN TANPA KEADAAN SUCI
وَاتَّفَقَ الْفُقَهَا ءُ عَلَى ُأَنَّ غَيْرَ الْمُتَوَض ِّئِ يَجُوْزُ لَهُ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ أَوِ النَّظَرُ إِلَيْهِ دُوْنَ لَمْسِهِ، كَمَا أَجَازُوْا لِلصَّبِيّ ِ لَمْسَ الْقُرْآنِ لِلتَّعَلّ ُمِ؛ لِأَنَّهُ غَيْرُ مُكَلَّفٍ، وَالْأَفْض َلُ اَلتَّوَضّ ُؤُ.
وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِ يَّةُ وَالشَّافِ عِيَّةُ مَسَّ الْقُرْآنِ بِالْحَدَث ِ الْأَصْغَر ِ وَلَوْ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ، وَأَجَازَ الْحَنَفِي َّةُ وَالْحَنَا بِلَةُ مَسَّهُ بِحَائِلٍ أَوْ عُوْدٍ طَاِهِرَيْ نِ.
"Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah , Syafi’iyya h, malikiyyah dan hanabilah) sepakat membolehka n membaca alQuran atau sekedar melihatnya meskipun tanpa wudhu tapi tidak menyentuhn ya, mereka juga sepakat bagi anak-anak kecil juga dibolehkan memegang al Quran untuk belajar karena mereka masih belum mukallaf namun yang utama tetap memakai wudhu.
Kalangan Malikiyyah dan Syafi’iyya h mengharamk an memegang al Quran saat seseorang menanggung hadats kecil meskipun memakai sarana ha`il (penghalan g) atau kayu (tidak menyentuhn ya secara langsung) namun kalangan Hanafiyyah dan Hanabilah membolehka nnya asalkan penghalang dan kayunya suci dari najis." (Fiqhul Islamy, 1/395)
Sumber Kitab:
Al Fiqhul Islaamy wa Adillatuhu u 1/395
DALIL DARI AL QURAN
إِنَّهُ لَقُرْآَنٌ كَرِيْمٌ (77) فِيْ كِتَابٍ مَكْنُوْنٍ (78) لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّ رُوْنَ (79) تَنْزِيْلٌ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِ يْنَ (80
“Sesungguh nya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihar a, tidak menyentuhn ya kecuali orang-oran g yang disucikan, diturunkan dari Rabbil ‘alamiin” (QS Al Waqiah 77-80).
Dalam Tafsir Jalalain diterangka n:
"لَا يَمَسُّهُ" خَبَرٌ بِمَعْنَى النَّهْي "إِلَّا الْمُطَهَّ رُوْنَ" الَّذِيْنَ طَهَّرُوْا أَنْفُسَهم ْ مِنْ الْأَحْدَا ثِ
“LAA YAMASSUHUU ”
khabar dengan makna larangan
“ ILLAL MUTHAHHARU UN”
orang-oran g yang mensucikan dirinya dari hadats
Sumber kitab:
Tafsir Jalalain (bersama Hasyiyah Showi juz IV halaman 166, cetakan Daar Ihyaa al Kutub al ‘Arabiyyah ) / halaman 717, maktabah syamilah
Dalam Tafsir Ibn Katsier:
وَقَالَ آخَرُوْنَ " لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّ رُوْنَ" أَيْ مِنْ الْجَنَابَ ةِ وَالْحَدَث ِ قَالُوْا وَلَفْظُ الْآيَةِ خَبَرٌ وَمَعْنَاه َا الطَّلَبُ قَالُوْا وَالْمُرَا دُ بِالْقُرْآ نِ هَهُنَا الْمُصْحَف ُ كَمَا رَوَى مُسْلِمٌ عَنْ اِبْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى أَنْ يُسَافَر بِالْقُرْآ نِ إِلَى أَرْضِ الْعَدُوِّ مَخَافَةَ أَنْ يَنَالَهُ الْعَدُوُّ . وَاحْتَجُّ وْا فِي ذَلِكَ بِمَا رَوَاهُ الْإِمَامُ مَالِكٌ فِي مُوَطَّئِه ِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْن أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَنَّ فِي الْكِتَابِ الَّذِيْ كَتَبَهُ رَسُوْلُ اللهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ " أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ " وَرَوَى أَبُوْ دَاوُد فِيْ الْمَرَاسِ يْلِ مِنْ حَدِيْثِ الزُّهْرِي ِّ قَالَ قَرَأْتُ فِي صَحِيْفَةٍ عِنْدَ أَبِيْ بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ " وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ " وَهَذِهِ وِجَادَةٌ جَيِّدَةٌ قَدْ قَرَأَهَا الزُّهْرِي ُّ وَغَيْرُهُ وَمِثْلُ هَذَا يَنْبَغِي الْأَخْذُ بِهِ وَقَدْ أَسْنَدَهُ الدَّارَقُ طْنِيّ عَنْ عَمْرو بْن حَزْم وَعَبْد اللَّه بْن عُمَر وَعُثْمَان بْن أَبِي الْعَاصِ وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهَما نَظَرٌ واللهُ أَعْلَمُ
"Ulama lain mengatakan :
LAA YAMASSUHUU ILLAL MUTHAHHARU UN
Maksudnya (Orang-ora ng yang suci) dari janabah dan dari hadats. Mereka berkata bahwa yang dikehendak i al Quran disini adalah al Mushaf sebagaiman a hadits yang diriwayatk an oleh Muslim dari Ibnu ‘Umar bahwasanya Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi melarang membawa Al Qur'an ke negeri musuh, karena beliau khawatir apabila nantinya akan diambil musuh.
Mereka berhujjah dengan hadits yang diriwayatk an oleh Imam Malik dalam kitab Muwaththa` dari ‘Abdullah ibn Abi Bakr ibn Muhammad ibn ‘Amr ibn Hazm, bahwasanya didalam kitab (surat) yang ditulis Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi wasallam kepada ‘Amr ibn Hazm:
“Tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.”
Dan Abu Dawud meriwayatk an dalam al Maraasil dari haditsnya az Zuhri, berkata: “Aku membaca di dalam Shahifah (lembaran) disisi Abu Bakr ibn Muhammad ibn ‘Amr ibn Hazm sesungguhn ya Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi wasallam bersabda: WA LAA YAMASSU AL QUR`AANA ILLAA THAAHIRUN. ”
(Dan tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci)
Ini adalah penemuan tertulis yang bagus, yang telah dibacakan oleh Az Zuhri dan yang lainnya. Seperti inilah yang seyogyanya diambil (Diamalkan ).
Imam Daraquthni mengambil sanad hadits tersebut dari 'Amr bin Hazm, dan Abdullah bin Umar, dan Utsman bin Abi al-'Ash. Setiap jalur sanad dari Abu Dawud dan Daraquthni ini perlu ditinjau ulang." (Tafsir Ibnu Katsir, 7/545)
Sumber Kitab:
Tafsir Ibnu Katsier juz VII halaman 545, maktabah syamilah
Catatan:
Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ada dua versi pada kalimat وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Pertama,
وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Sesuai dengan redaksi:
- Maktabah shamela dalam satu versi
- Maktabah marji'ul akbar
Kedua,وفي إسناد كل منها نظر
Sesuai dengan redaksi:
- Maktabah shamela dalam versi yang lain
Imam Ibnu Abi Syaibah dan Imam Addaara Quthni meriwayatk an:
(Sanad dan matannya Ibnu Abi Syaibah):
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَة َ ، عَنِ الأَعْمَشِ ، عَنْ إِبْرَاهِي مَ ، عَن عَبْدِ الرَّحْمَن ِ بْنِ يَزِيدَ ، قَالَ : كُنَّا مَعَ سَلْمَانَ فِي حَاجَةٍ ، فَذَهَبَ فَقَضَي حَاجَتَهُ ثُمَّ رَجَعَ ، فَقُلْنَا لَهُ : تَوَضَّأْ ، يَا أَبَا عَبْدِ اللهِ لَعَلَّنَا أَنْ نَسْأَلَك عَنْ آيٍ مِنَ الْقُرْآنِ ؟ قَالَ : قَالَ : فَاسْأَلُو ا ، فَإِنِّي لاَ أَمَسُّهُ ، إِنَّهُ لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ الْمُطَهَّ رُونَ ، قَالَ : فَسَأَلْنَ اهُ ، فَقَرَأَ عَلَيْنَا قَبْلَ أَنْ يَتَوَضَّأ َ.
"Telah menceritak an kepada kami Abu Mu'awiyah dari A'masy dari Ibrahim dari Abdurrahma n bin Yazid, berkata: kami bersama Salman dalam suatu hajat. Dan beliaupun pergi untuk buang hajat dan beliau kembali. Kamipun berkata kepada beliau,: “Berwudhul ah Wahai Abu Abdillah, agar kami bisa bertanya kepadamu tentang ayat-ayat al Qur’an”.
Abdurrahma n bin Yazid berkata, beliau (Salman) berkata: “Silakan bertanya akan tetapi aku tidak akan menyentuhn ya. “Sesungguh nya tidaklah menyentuhn ya melainkan orang-oran g yang disucikan”
Kami pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau dan beliau membacakan beberapa ayat kepada kami sebelum beliau berwudhu.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)
Sumber Kitab:
- Mushannaf Ibnu Abu Syaibah juz I halaman 103, hadits nomor 1106, maktabah syamilah
- Sunan Addaara Quthni juz I halaman 124, maktabah syamilah
Addaara Quthni berkata:
كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ
Semua rawinya tsiqoh.
DALIL DARI AL HADITS:
- Al Muwaththa:
بَاب الْأَمْرِ بِالْوُضُو ءِ لِمَنْ مَسَّ الْقُرْآنَ
Bab Perintah wudhu bagi orang yang menyentuh al Quran
680 - حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ
أَنَّ فِي الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Telah menceritak an kepadaku Yahya dari Malik dari Abdullah bin Abu Bakr bin Hazm bahwa di antara isi surat Rasulullah shallallaa hu 'alaihi wasallam yang beliau tulis untuk 'Amru ibn Hazm adalah, bahwasanya :
"Tidak ada yang boleh menyentuh al Quran kecuali yang bersuci."
Sumber Kitab:
Tanwiirul Hawaalik juz I halaman 203-204, cetakan Toha Putera Semarang /
Muwaththa` u Maalik juz II halaman 278, maktabah syamilah
Dalam kitab al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik:
( فَصْلٌ ) وَقَوْلُهُ أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ ظَاهِرٌ فِي أَنَّهُ لَا يَجُوزُ أَنْ يَمَسَّ الْقُرْآنَ مُحْدِثٌ وَبِهَذَا قَالَ أَبُو حَنِيفَةَ وَالشَّافِ عِيُّ وَجَمَاعَة ُ الْفُقَهَا ءِ مِنْ الصَّحَابَ ةِ وَمَنْ بَعْدَهُمْ مِنْ التَّابِعِ ينَ
"Fasal
Sabda Nabi, yaitu:
“Tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci” adalah zahir bahwasanya orang yang berhadats tidak boleh menyentuh al Quran. Dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Asy Syafi’i dan sejumlah Fuqaha dari shahabat dan yang lainnya dari tabi’in." (al-Muntaq a, 1/475)
Sumber kitab:
al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik juz I halaman 475, maktabah syamilah
Dalam Kitab Sunan Ad Daaraquthn i:
بَابٌ فِيْ نَهْيِ الْمُحْدِث ِ عَنْ مَسِّ الْقُرْآنِ
Bab larangan orang berhadats menyentuh al Quran
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُخَلَّدٍ نَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي الرَّبِيْع ِ نَا عَبْدُ الرَّزَّاق ِ أَخْبَرَنَ ا مَعْمَرٌ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِيْ بَكْرٍ عَنْ أَبِيْهِ قَالَ : كَانَ فِيْ كِتَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ أَلَّا
تَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا عَلَى طُهْرٍ مُرْسَلٌ وَرُوَاتُه ُ ثِقَاتٌ
وَاتَّفَقَ
وَقَدْ حَرَّمَ الْمَالِكِ
"Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah
Kalangan Malikiyyah
Sumber Kitab:
Al Fiqhul Islaamy wa Adillatuhu
DALIL DARI AL QURAN
إِنَّهُ لَقُرْآَنٌ
“Sesungguh
Dalam Tafsir Jalalain diterangka
"لَا يَمَسُّهُ"
“LAA YAMASSUHUU
khabar dengan makna larangan
“ ILLAL MUTHAHHARU
orang-oran
Sumber kitab:
Tafsir Jalalain (bersama Hasyiyah Showi juz IV halaman 166, cetakan Daar Ihyaa al Kutub al ‘Arabiyyah
Dalam Tafsir Ibn Katsier:
وَقَالَ آخَرُوْنَ " لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّ
"Ulama lain mengatakan
LAA YAMASSUHUU
Maksudnya (Orang-ora
Mereka berhujjah dengan hadits yang diriwayatk
“Tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.”
Dan Abu Dawud meriwayatk
(Dan tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci)
Ini adalah penemuan tertulis yang bagus, yang telah dibacakan oleh Az Zuhri dan yang lainnya. Seperti inilah yang seyogyanya
Imam Daraquthni
Sumber Kitab:
Tafsir Ibnu Katsier juz VII halaman 545, maktabah syamilah
Catatan:
Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ada dua versi pada kalimat وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Pertama,
وَفِي إِسْنَادِ كُلٍّ مِنْهُمَا نَظَرٌ
Sesuai dengan redaksi:
- Maktabah shamela dalam satu versi
- Maktabah marji'ul akbar
Kedua,وفي إسناد كل منها نظر
Sesuai dengan redaksi:
- Maktabah shamela dalam versi yang lain
Imam Ibnu Abi Syaibah dan Imam Addaara Quthni meriwayatk
(Sanad dan matannya Ibnu Abi Syaibah):
حَدَّثَنَا
"Telah menceritak
Abdurrahma
Kami pun mengajukan
Sumber Kitab:
- Mushannaf Ibnu Abu Syaibah juz I halaman 103, hadits nomor 1106, maktabah syamilah
- Sunan Addaara Quthni juz I halaman 124, maktabah syamilah
Addaara Quthni berkata:
كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ
Semua rawinya tsiqoh.
DALIL DARI AL HADITS:
- Al Muwaththa:
بَاب الْأَمْرِ بِالْوُضُو
Bab Perintah wudhu bagi orang yang menyentuh al Quran
680 - حَدَّثَنِي
أَنَّ فِي الْكِتَابِ
"Telah menceritak
"Tidak ada yang boleh menyentuh al Quran kecuali yang bersuci."
Sumber Kitab:
Tanwiirul Hawaalik juz I halaman 203-204, cetakan Toha Putera Semarang /
Muwaththa`
Dalam kitab al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik:
( فَصْلٌ ) وَقَوْلُهُ
"Fasal
Sabda Nabi, yaitu:
“Tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci” adalah zahir bahwasanya
Sumber kitab:
al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik juz I halaman 475, maktabah syamilah
Dalam Kitab Sunan Ad Daaraquthn
بَابٌ فِيْ نَهْيِ الْمُحْدِث
Bab larangan orang berhadats menyentuh al Quran
حَدَّثَنَا
تَمَسَّ الْقُرْآنَ
Tak semudah kata Qur,an dan kata Hadits dalam menjawab pertanyaan agama. |
Telah menceritak an kepada kami Muhammad bin Mukhallid, telah menceritak an kepada kami Hasan bin Abi ar-Rabi', telah menceritak an kepada kami Abdur Razaq, telah mengkhabar kan kepada kami Ma'mar, dari Abdullah bin Abu Bakar, dari bapaknya, berkata:
Adalah terdapat di dalam surat Nabi shallallaa hu ‘alaihi wasallam kepada ‘Amr ibn Hazm:
“Engkau tidak boleh menyentuh al Quran kecuali dalam keadaan suci.”
(Hadits) Mursal, semua rawinya tsiqoh. (HR. Daraquthni )
Sumber Kitab:
Sunan Addaara Quthni juz I halaman 121
Dalam Shahih Ibn Hibban:
وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Ibnu Hibban)
Sumber Kitab:
Shahih Ibnu Hibbaan juz 14 halaman 501, hadits nomor 6559, maktabah syamilah
Dalam Kitab al Mustadrak:
وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Hakim)
هَذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ
ini Hadits Shahih
Sumber Kitab:
Al Mustadrak juz III halaman 479, hadits nomor 1399, maktabah syamilah
Dalam kitab Sunan Kubra lil Baihaqi
5- باب الْحَائِضِ لاَ تَمَسُّ الْمُصْحَف َ وَلاَ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ .
Bab Wanita Haid tidak boleh menyentuh al Quran
1534- أَخْبَرَنَ ا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ أَخْبَرَنَ ا أَبُو عَمْرُو بْنُ مَطَرٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَبْدِ الْجَبَّار ِ الصُّوفِىّ ُ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ سُلَيْمَان َ بْنِ دَاوُدَ حَدَّثَنِى الزُّهْرِى ُّ عَنْ أَبِى بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِ بِكِتَابٍ فِيهِ الْفَرَائِ ضُ وَالسُّنَن ُ وَالدِّيَا تُ ، وَبَعَثَ بِهِ مَعَ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ وَفِيهِ قَالَ :« وَلاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرٌ ». أَرْسَلَهُ غَيْرُهُ وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
Telah mengkhabar kan kepada kami Umar bin Abdul Aziz bin Umar bin Qatadah, telah mengkhabar kan kepada kami Abu 'Amr bin Mathar, telah menceritak an kepada kami Ahmad bin al-Hasan bin Abdul Jabar ash-Shufi, telah menceritak an kepada kami Hakam bin Musa, telah menceritak an kepada kami Yahya bin Hamzah, dari Sulaiman bin Dawud, telah menceritak an kepadaku Zuhri dari Abu Bakr ibn Muhammad ibn ‘Amr ibn Hazm, dari bapaknya, dari kakeknya:
“Sesungguh nya Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi wasallam menulis kepada penduduk Yaman dengan surat yang didalamnya ada fardhu, sunnah dan diyat. Beliau mengutus dengan membawa surat bersaqma ‘Amr ibn Hazm.
Rawi menuturkan hadits, dan didalamnya , beliau bersabda: “Dan jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." Rawi lainnya meriwayatk annya dalam bentuk hadits mursal. (HR. Baihaqi)
Sumber Kitab:
As Sunan al Kubra lil Baihaqi juz I halaman 344, hadits nomor 1354
Dalam Kitab al Muwaththa:
128 - و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ إِسْمَعِيل َ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ أَنَّهُ قَالَ
كُنْتُ أُمْسِكُ الْمُصْحَف َ عَلَى سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ فَاحْتَكَك ْتُ فَقَالَ سَعْدٌ لَعَلَّكَ مَسِسْتَ ذَكَرَكَ قَالَ فَقُلْتُ نَعَمْ فَقَالَ قُمْ فَتَوَضَّأ ْ فَقُمْتُ فَتَوَضَّأ ْتُ ثُمَّ رَجَعْتُ
"Telah menceritak an kepadaku dari Malik, dari Ismail bin Muhammad bin Sa'ad bin Abi Waqash, dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash, bahwasanya dia berkata: “Aku memegang mushfah di hadapan Sa’ad bin Abi Waqqash lalu aku menggaruk- garuk kemaluanku ”.
Beliau lantas berkata, “Engkau menyentuh kemaluanmu ?”. “Benar”, jawabku. Beliau berkata, “Berdirila h lalu berwudhula h”. Aku lantas bangkit berdiri dan berwudhu lalu aku kembali.”
Sumber Kitab:
Tanwiirul hawaalik juz I halaman 64, cetakan Toha Putera Semarang /
Muwaththa Maalik juz II halaman 58, hadits nomor 128, maktabah syamilah
DERAJAT HADITS:
لَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ
- Dalam Kitab Majma’uzza waa`id:
(بَابٌ فِي مَسِّ الْقُرْآنِ )
Bab Menyentuh al Quran
1512 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ ".
"Dari ‘Abdullah ibn ‘Umar, sesungguhn ya Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.”
رَوَاهُ الطَّبَرَا نِيُّ فِي الْكَبِيرِ وَالصَّغِي رِ، وَرِجَالُه ُ مُوَثَّقُو نَ
HR. Ath Thabarani didalam (al Mu’jam) al Kabir dan ash Shaghir.
Rawi-rawin ya tsiqoh semua (Majma Az-Zawaid, 1/276)
Sumber Kitab:
Majma’uzza waa`id lil Hafizh al Haitsami juz I halaman 276, maktabah syamilah
Dalam Kitab At Talkhiish al Habir:
حَدِيثُ أَنَّهُ صلى اللَّهُ عليه وسلم قال لِحَكِيمِ بن حِزَامٍ لَا يَمَسُّ الْمُصْحَف َ إلَّا طَاهِرٌ الدَّارَقُ طْنِيُّ وَالْحَاكِ مُ في الْمَعْرِف َةِ من مُسْتَدْرَ كِهِ وَالْبَيْه َقِيُّ في الْخِلَافِ يَّاتِ وَالطَّبَر َانِيُّ من حديث حَكِيمٍ قال لَمَّا بَعَثَنِي رسول اللَّهِ صلى اللَّهُ عليه وسلم إلَى الْيَمَنِ قال لَا تَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا وَأَنْتَ طَاهِرٌ وفي إسْنَادِهِ سُوَيْدٌ أبو حَاتِمٍ وهو ضَعِيفٌ وَذَكَرَ الطَّبَرَا نِيُّ في الْأَوْسَط ِ أَنَّهُ تَفَرَّدَ بِهِ وَحَسَّنَ الْحَازِمِ يُّ إسْنَادَهُ
"Hadits bahwasanya Nabi shallallaa hu ‘alaihi wasallam bersabda kepada Hakim ibn Hizam “Jangan menyentuh al Mushaf kecuali orang yang suci”
HR. Addaara Quthyni, al Hakim dalam al Ma’rifah dari Mustadrakn ya, al Baihaqi dalam al Khilaafiyy aat, dan ath Thabaranai , dari haditsnya hakiim, berkata: “ Ketika Rasulullah shallallaa hu ‘alaihi wasallam mengutusku ke Yaman, beliau bersabda: “Jangan engkau menyentuh al Quran kecuali engkau orang yang suci.”
Didalam isnadnya ada Suwaid Abu Hatim, dia dha’if. Ath Thabarani menuturkan bahwa dia (Suwaid) menyendiri . Dengan hadits tersebut.
Al Hazimi menghasank an isnad hadits tersebut." (At-Talkhi s al-Habir, 1/131)
Sumber Kitab:
At Talkhiis al Habiir lil Hafizh Ibn Hajar juz I halaman 131, maktabah syamilah
DARI KITAB FIQH
Dalam kitab al Majmu’, Syarh al Muhadzdzab :
فِيْ مَذَاهِبِ الْعُلَمَا ءِ فِيْ مَسِّ الْمُصْحَف ِ وَحَمْلِهِ
مَذْهَبُنَ ا تَحْرِيْمُ هُمَا وِبِه قَاَل أَبُوْ حَنِيْفَةَ وَمَاِلٌك وَأَحْمَدُ وَجُمْهُوْ رُ الْعُلَمَا ءِ
"Didalam Madzhab Ulama tentang menyentuh dan membawa Mushaf
Madzhab kami keduanya haram, dan dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Malik, Ahmad dan jumhur ulama." (Al-Majmu' , 2/72)
Sumber Kitab:
Dalam kitab al Majmu’, Syarh al Muhadzdzab juz II halaman 72, maktabah syamilah
Dalam Kitab al Haawi Lil Maawardi:
مَسْأَلَةٌ : وُجُوبُ الطَّهَارَ ةِ لِحَمْلِ الْمُصْحَف ِ وَمَسِّهِ
"Masalah:
Wajibnya bersuci untuk mebawa dan menyentuh Mushaf
قَالَ الشَّافِعِ يُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : وَلَا يَحْمِلُ الْمُصْحَف َ وَلَا يَمَسُّهُ إِلَّا طَاهِرً
Imam Syafi’i radhiyalla ahu ‘anhu berkata: “Jangan membawa dan menyentuh al Mushaf kecuali orang yang suci.” (Al-Hawi lil Marwadi, 1/143)
Sumber Kitab:
Al Haawi lil Mawardi juz I halaman 143, maktabah syamilah
Dalam Kitab Majmuu’ul Fatawa:
وَسُئِلَ :
هَلْ يَجُوزُ مَسُّ الْمُصْحَف ِ بِغَيْرِ وُضُوءٍ أَمْ لَا ؟ .
فَأَجَابَ :
مَذْهَبُ الْأَئِمَّ ةِ الْأَرْبَع َةِ أَنَّهُ لَا يَمَسُّ الْمُصْحَف َ إلَّا طَاهِرٌ كَمَا قَالَ فِي الْكِتَابِ الَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ : { أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا طَاهِرٌ } . قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَد : لَا شَكَّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتَبَهُ لَهُ وَهُوَ أَيْضًا قَوْلُ سَلْمَانَ الْفَارِسِ يِّ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ وَغَيْرِهِ مَا . وَلَا يُعْلَمُ لَهُمَا مَنْ الصَّحَابَ ةِ مُخَالِفٌ .
"Ibnu Taimiyyah ditanya: "Apakah boleh menyentuh Mushaf tanpa wudhu ?"
Beliau menjawab:
“Pendapat imam mazhab yang empat, mushaf al Qur’an tidak boleh disentuh melainkan oleh orang yang suci sebagaiman a dalam surat yang dikirimkan oleh Rasulullah kepada ‘Amr bin Hazm,
أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ إلَّا طَاهِرٌ
“Tidak boleh menyentuh mushaf kecuali orang yang suci”.
Imam Ahmad mengatakan , “Tidaklah diragukan bahwa Nabi shallallah u ‘alaihi wa sallam telah menuliskan surat tersebut kepada ‘Amr bin Hazm.”
Dan ini juga pendapat Salman al Farisi, Abdullah bin Umar dan yang lainnya. Tidak diketahui adanya sahabat lain yang menyelisih i pendapat dua sahabat ini”. (Majmu' Al-Fatawa li Ibni Taimiyah, 21/266)
Sumber Kitab:
Kitab:Majm u’ul Fatawa juz 21 halaman 266
========== ====
Bolehkah membawa al Qur`an saat bepergian terus dimasukkan kedalam tas saat membawanya ?
Jawaban:
Boleh bila niatnya semata-sem ata membawa TAS.
Bila niatnya membawa alquran yang di dalamnya atau membawa TAS dan alqurannya maka haram..
وَإِذَا كَانَ الْمُصْحَف ُ مَوْضُوْعً ا فِيْ أَمْتِعَةِ الْمَنْزِل ِ . فِيْ صُنْدُوْقٍ أَوْ
مَلَابِسَ أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ حَمْلُ هَذِهِ الْأَمْتِع َةِ بِدُوْنِ وُضُوْءٍ إِلَّا إِذَا
كَانَتْ هِيَ مَقْصُوْدَ ةً بِالْحَمْل ِ وَحْدَهَا فَإِذَا قُصِدَ حَمْلُ الْمُصْحَف ِ مَعَهَا أَوْ
قُصِدَ حَمْلُهُ وَحْدَهُ حَرُمَ ذَلِكَ بِدُوْنِ وُضُوْءٍ
"Bila Mushaf diletakkan pada sebuah peralatan- peralatan rumah dalam kotak atau pakaian atau lainnya maka tidak boleh membawa peralatan ini tanpa wudhu kecuali bila peralatann ya yang menjadi tujuannya dalam membawanya , bila tujuannya membawa alquran yang ada didalamnya atau bertujuan membawa quran dan peralatann ya maka haram membawanya tanpa wudhu." (Al-Fiqhu 'ala Madzahib al-Arba'ah , 1/48)
Sumber Kitab:
Al Fiqhu ‘Alal Madzaahibi l Arba’ah juz I halaman 48, maktabah syamilah
فَائِدَةٌ : يَجُوْزُ حَمْلُ الْمُصْحَف ِ مَعَ الْمَتَاعِ وَإِنْ صَغُرَ جِدًّا ، قَالَ ب ر : وَلَوْ خَيْطَ إِبْرَةٍ لَكِنْ بِقَصْدِ الْمَتَاعِ فَقَطْ ، وَكَذَا مَعَ الْإِطْلَا قِ خِلَافاً لِلتُّحْفَ ةِ ، بَلْ أَوْ بِقَصْدِهِ مَا عِنْدَ (م ر) اهـ كُرْدِيْ
"Faidah: Diperboleh kan membawa mushaf besertaan di dalam kotak meskipun berukuran sangat sempit. Imam al-Barmawi berkata: Meskipun berupa tidak lebih dari barang hasil jahitan jarum tapi dengan kondisi hanya dikehendak i membawa kotak tersebut, begitu juga bila tanpa tujuan apapun, berlainan dengan pendapat dalam kitab Tuhfah, bahkan boleh ketika dikehendak i membawa keduanya (mushaf dan kotaknya) menurut pendapat Imam Ramli. Selesai fatwa Sulaiman al-Kurdi." (Bughyah al-Mustars yidin: 26)
Sumber Kitab:
Bughyatul Mustarsyid in halaman 26, cetakan al ‘Alawiyyah Semarang / halaman 52, maktabah syamilah
Wallaahu A’lamu bishshawaa b.
Adalah terdapat di dalam surat Nabi shallallaa
“Engkau tidak boleh menyentuh al Quran kecuali dalam keadaan suci.”
(Hadits) Mursal, semua rawinya tsiqoh. (HR. Daraquthni
Sumber Kitab:
Sunan Addaara Quthni juz I halaman 121
Dalam Shahih Ibn Hibban:
وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Ibnu Hibban)
Sumber Kitab:
Shahih Ibnu Hibbaan juz 14 halaman 501, hadits nomor 6559, maktabah syamilah
Dalam Kitab al Mustadrak:
وَلَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Hakim)
هَذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ
ini Hadits Shahih
Sumber Kitab:
Al Mustadrak juz III halaman 479, hadits nomor 1399, maktabah syamilah
Dalam kitab Sunan Kubra lil Baihaqi
5- باب الْحَائِضِ
Bab Wanita Haid tidak boleh menyentuh al Quran
1534- أَخْبَرَنَ
Telah mengkhabar
“Sesungguh
Rawi menuturkan
Sumber Kitab:
As Sunan al Kubra lil Baihaqi juz I halaman 344, hadits nomor 1354
Dalam Kitab al Muwaththa:
128 - و حَدَّثَنِي
كُنْتُ أُمْسِكُ الْمُصْحَف
"Telah menceritak
Beliau lantas berkata, “Engkau menyentuh kemaluanmu
Sumber Kitab:
Tanwiirul hawaalik juz I halaman 64, cetakan Toha Putera Semarang /
Muwaththa Maalik juz II halaman 58, hadits nomor 128, maktabah syamilah
DERAJAT HADITS:
لَا يَمَسُّ الْقُرْآنَ
- Dalam Kitab Majma’uzza
(بَابٌ فِي مَسِّ الْقُرْآنِ
Bab Menyentuh al Quran
1512 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ
"Dari ‘Abdullah ibn ‘Umar, sesungguhn
رَوَاهُ الطَّبَرَا
HR. Ath Thabarani didalam (al Mu’jam) al Kabir dan ash Shaghir.
Rawi-rawin
Sumber Kitab:
Majma’uzza
Dalam Kitab At Talkhiish al Habir:
حَدِيثُ أَنَّهُ صلى اللَّهُ عليه وسلم قال لِحَكِيمِ بن حِزَامٍ لَا يَمَسُّ الْمُصْحَف
"Hadits bahwasanya
HR. Addaara Quthyni, al Hakim dalam al Ma’rifah dari Mustadrakn
Didalam isnadnya ada Suwaid Abu Hatim, dia dha’if. Ath Thabarani menuturkan
Al Hazimi menghasank
Sumber Kitab:
At Talkhiis al Habiir lil Hafizh Ibn Hajar juz I halaman 131, maktabah syamilah
DARI KITAB FIQH
Dalam kitab al Majmu’, Syarh al Muhadzdzab
فِيْ مَذَاهِبِ الْعُلَمَا
مَذْهَبُنَ
"Didalam Madzhab Ulama tentang menyentuh dan membawa Mushaf
Madzhab kami keduanya haram, dan dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Malik, Ahmad dan jumhur ulama." (Al-Majmu'
Sumber Kitab:
Dalam kitab al Majmu’, Syarh al Muhadzdzab
Dalam Kitab al Haawi Lil Maawardi:
مَسْأَلَةٌ
"Masalah:
Wajibnya bersuci untuk mebawa dan menyentuh Mushaf
قَالَ الشَّافِعِ
Imam Syafi’i radhiyalla
Sumber Kitab:
Al Haawi lil Mawardi juz I halaman 143, maktabah syamilah
Dalam Kitab Majmuu’ul Fatawa:
وَسُئِلَ :
هَلْ يَجُوزُ مَسُّ الْمُصْحَف
فَأَجَابَ :
مَذْهَبُ الْأَئِمَّ
"Ibnu Taimiyyah ditanya: "Apakah boleh menyentuh Mushaf tanpa wudhu ?"
Beliau menjawab:
“Pendapat imam mazhab yang empat, mushaf al Qur’an tidak boleh disentuh melainkan oleh orang yang suci sebagaiman
أَنْ لَا يَمَسَّ الْقُرْآنَ
“Tidak boleh menyentuh mushaf kecuali orang yang suci”.
Imam Ahmad mengatakan
Dan ini juga pendapat Salman al Farisi, Abdullah bin Umar dan yang lainnya. Tidak diketahui adanya sahabat lain yang menyelisih
Sumber Kitab:
Kitab:Majm
==========
Bolehkah membawa al Qur`an saat bepergian terus dimasukkan
Jawaban:
Boleh bila niatnya semata-sem
Bila niatnya membawa alquran yang di dalamnya atau membawa TAS dan alqurannya
وَإِذَا كَانَ الْمُصْحَف
مَلَابِسَ أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ حَمْلُ هَذِهِ الْأَمْتِع
كَانَتْ هِيَ مَقْصُوْدَ
قُصِدَ حَمْلُهُ وَحْدَهُ حَرُمَ ذَلِكَ بِدُوْنِ وُضُوْءٍ
"Bila Mushaf diletakkan
Sumber Kitab:
Al Fiqhu ‘Alal Madzaahibi
فَائِدَةٌ : يَجُوْزُ حَمْلُ الْمُصْحَف
"Faidah: Diperboleh
Sumber Kitab:
Bughyatul Mustarsyid
Wallaahu A’lamu bishshawaa
*Piss-KTB
Thanks for reading Wanita Haid Memegang AlQuran | Tags: Agama
Next Article
« Prev Post
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Next Post »
0 komentar on Wanita Haid Memegang AlQuran
Posting Komentar